Berita

YOGYA (KRjogja.com) - Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) 2014 resmi dibuka sore ini, Jumat (28/11/2014) sore. Pembukaan dipimpin langsung oleh Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Paku Alam IX yang mengusung tema Harmoni, Ekonomi, Budaya dan Religi.

Dalam sambutaannya, Sri Paku Alam mengatakan Perayaan Sekaten tahun ini diharapkan dapat menjadi wahana budaya yang secara luas merangsang kreatifitas masyarakat. Bahkan, masyarakat mampu menggali makna dalam perayaan tahun ini. Semoga masyarakat dapat menggali makna spiritual dari perayaan Sekaten tahun ini. Selain itu, semoga perayaan Sekaten ini dapat membawa dampak luas bagi ekonomi kerakyatan, ungkapnya.

Hal senada disampaikan Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti. Menuurtnya, Sekaten merupakan bagian dari sejarah dan budaya masa lalu yang masih bisa dinikmati masyarakat hingga saat ini. Kegiatan Sekaten ini merupakan salah satu acara yang dapat mengangkat potensi daerah yang ada di Yogykarta.

Walikota menjelaskan pelaksanaan PMPS tahun 2014 ini akan diadakan selama 44 hari mulai dari tanggal 28 November 2014 hingga 3 Januari 2015. Ada 660 kavling yang terdiri dari stand perdagangan, kuliner, kesenian dan arena permainan di PMPS kali ini, tandasnya.

Dalam pembukaan Perayaan Sekaten SMK 1 Kasihan Bantul (SMKI YOGYAKARTA) untuk kesekiankalinya mendapat tugas untuk menampilkan tarian, kali ini dengan judul Kukus Grebeg Mulud yang menceritakan kegembiraan masyarakat Yogyakarta saat Raja Yogyakarta berbaur dengan rakyatnya, memberikan perlindungan dan kemurahan hatinya. 

Raja Yogyakarta berbagi keberkahan dengan bersedekah pada peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad Saw.  Kukus yang dibawakan penari menggambarkan suasana yang gumbregeg atau yang dikenal dengan istilah Grebeg sebagai ungkapan suka-cita.

Sumber Pustaka : http://krjogja.com/read/239162/wah-meriahnya-pembukaan-sekaten.kr

0 Komentar

Komentar