Berita

Gelaran tahunan Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) tahun 2015 resmi dibuka Jumat (4/12/2015), oleh Asisten Setda Bidan Perekonomian dan Pembangunan Didik Purwadi dan Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti.

Berasal dari kata Syahadatain atau dua kalimat syahadat gelaran yang awalnya digunakan sebagai sarana mengembangkan agama Islam saat ini menajdi sarana untuk membangun hubungan manusia dengan Tuhan, manusia dengan manusia dan manusia dengan alam.

"Selain sebagai sarana interaksi, sekaten juga menjadi daya tarik pariwisata yang diharapkan harmoni antara sisi duniawi dan rohani serta menjadi sinergi agama budaya dan ekonomi," tambahnya.

Sekaten tahun ini yang mengambil tema "Harmoni Budaya Religi dan Ekonomi untuk Jogja yang Istimewa" punya perbedaan yang cukup mencolok dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Jika biasanya gelaran sekaten dilaksanalan selama 40 hari penuh, gelaran tahun ini hanya berlangsung selama 21 hari dari tanggal 4-24 Desember 2015

Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuthi mengatakan hal tersebut dikarenakan adanya proyek revitalisasi alun-alun utara.

Puncak acara Pembukaan Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) tahun 2015 dengan pertunjukan Sendratari TAMPAH SEGO GURIH, dimainkan oleh siswa-siswi SMK 1 Kasihan Bantul (SMKI YOGYAKARTA)

Sego Gurih adalah nasi dengan rasa gurih yang memiliki makna keagungnan melambangkan kemakmuran dan keberkahan. Dimana masyarakat dapat menikmati kehidupan yang lebih baik tenteram, damai dan tidak kurang, baik sandang, papan maupun pangan.

Dengan Pananggung jawab : Drs Sunardi, M.Pd selaku Kepala SMK 1 Kasihan Bantul (SMKI YOGYAKARTA), Pimpinan Produksi : Drs. Ardani, M.Pd, Penata Tari : Agus Sukino, S.Sn dan Anter Asmoro Tejo, S.Sn, Penata Iringan : Mukhlas Hidayat, S.Sn, Penari dan Pengrawit : Siswa-siswi SMK 1 Kasihan Bantul (SMKI YOGYAKARTA)

Dalam sambutan Gubernur DIY Sri Sultan HB X yang dibacakan oleh Didik Purwadi, budaya sekaten adalah budaya berusia ratusan tahun yang ikut mempengaruhi keistimewan Yogyakarta.

Datar Pusataka : Dari berbagi sumber

0 Komentar

Komentar